Rabu, 03 Juni 2009

Struktur Kota Kuno Di Dasar Danau Kalimantan


Gambar menakjubkan ini saya temukan sekitar Desember 2008 lalu, ketika berseluncur dengan fasilitas google earth. Namun baru saya download dari Google Earth (GE) tadi malam. Ketika itu saya iseng mencari bekas Lokasi Kerajaan Mulawarman, dengan GE. Tetapi tidak menemukan apapun.

Setelah itu iseng-iseng saya mengarahkan GE ke arah tengah pulau kalimantan, tetapi masih dalam wilayah Kalimantan Timur, tepatnya di atas sebuah danau besar di mana ada sebagian area yang telah diphoto oleh GE. Ketika mengarah ke danau, saya kaget ada gambar struktur kota yang luar biasa megah dalam danau tersebut.

Ketika itu saya agak ragu, apakah gambar itu hanya noise digital saja, atau memang sebuah struktur yang nampak rapi, lurus silang menyilang dan seperti sebuah kompleks yang sangat besar. Apapun itu memang perlu publikasi dan penelitian para ahli, apakah kesalahan kamera saja atau struktur itu memang nyata.

Kalau itu memang nyata, akan menyingkap misteri kelam yang selama ini menyelimuti pulau kalimantan. Apakah itu peninggalan kerajaan Dayak terdahulu, (Tunjung, kenyah, benuaq dll) atau struktur peninggalan Kerajaan Mulawarman Naladewa yang terkenal kaya dengan sedekah 5000 ekor sapi.

Atau bahkan itu struktur peninggalan yang lebih tua dari peradaban yang ada di kalimantan, Seperti Kerajaan Atlantis? atau Lemuria yang berdasarkan teori terbaru katanya memang berasal dari wilayah Kepulauan Indonesia sekarang ini.
















4 komentar:

innal rahman mengatakan...

beritanya menarik. ditunggu info selanjutnya......

C.A. Hidayat, MSi mengatakan...

Menurut saya, itu hanya noise digital.

Penelitian saya di danau di Pekanbaru menggunakan capture GE Pro juga sama seperti ini, ada kotak2 noise.

Kalaulah memang benar, seharusnya Para ahli perairan sudah mengetahuinya dan biasanya juga menyelidiki ketebalan dasar lumpur dan Benthos yang ada didasarnya, misalnya dengan ekman grab.
Namun anda tidak menyebutkan dimana koordinat pastinya, ini untuk referensi para ahli Geologi dengan Geoscanner untuk mendeteksi logam peninggalan kota kuno (kalau memang benar).

Gangglions mengatakan...

Di bawah danau ya??.. bukan laut??
kalau di bawah danau, ada kemungkinan itu pemukiman jaman dahulu yang tenggelam saat pembentukan danau..
tapi bisa juga itu hanya noise digital saja..
tapi apapun itu bisa saja itu adalah hal yang selama ini tidak kita sangka..
karena Tidak ada yang tidak mungkin jika tuhan menghendaki..

Unknown mengatakan...

kalu dilihat sekilas memang ada bangunan.., yang saya gak habis pikir, kalau itu bangunan jaman dulu kenapa kelihatannya sangat moderen !
Apa GE gak salah ya.