Senin, 17 Agustus 2009

Sudut Langit di Makroman

Sebuah sudut langit yang terekam di Kelurahan Makroman, Kecamatan Samarinda Ilir, ada sudut keindahan dari bentang alam yang terasa sunyi. Meski bagian dari ibu kota provinsi Kalimantan Timur, keberadaannya memang jauh dari ramai.



Untuk mencapai ke kelurahan tersebut, kita harus berkendara sejauh kurang lebih 20 Km dari Kota Samarinda. Tidak ada fasilitas apapun di tempat ini, karena memang keberadaannya bukan daerah tujuan wisata. Makroman tepatnya adalah sebuah desa transmigrasi yang umurnya kurang lebih sama dengan transmigrasi di Desa Sidomulyo Anggana Kutai Kartanegara, yang menjadi batas langsung di bagian timur Makroman.


Tempat ini indah lanscapnya karena berada di atas perbukitan, untuk mencapainya kita harus melewati dahulu sebuah jalan aspal yang berlubang, kemudian kita akan tembus ke daerah perbukitan di mana jarang penduduknya, dan jalannya tidak beraspal, karena dibangun dengan kerikil saja sebagai agregatnya.
Konon ditempat ini seringkali ditemukan adanya peninggalan purbakalai berupa keramik dan guci kuno, yang diperkirakan merupakan peninggalan dari Kerajaan Kutai Kartanegara, nanti akan saya posting secara lebih lengkap.

Tidak ada komentar: