Selasa, 18 Agustus 2009

Eksotisme Kutai Barat

Kalau anda ke Kalimantan Timur, jangan lupa untuk berkunjung ke Kabupaten Kutai Barat. Sebuah Kabupaten baru hasil pemekaran dari Kutai Kartanegara pada 5 November 1999 lalu. Bupati pertamanya adalah Ir Rama Asia, dan kemudian digantikan oleh Ismael Thomas pada Pilkada 2005 lalu.



Apabila anda senang dengan eksotisme kesenian dan adat budaya masyarakat Dayak, terutama Tunjung dan Benuaq, maka tidak salah untuk mengunjungi Kubar si Tana' Purai Ngeriman, yang artinya adalah "negeri subur dan rejeki melimpah"
Di sana anda akan menyaksikan langsung bagaimana warga dayak membawakan tarian dan seni mereka secara langsung, sehingga terlihat sangat indah dan tinggi sakralitasnya.



Apabila ingin berkunjung ke Kubar, kami sarankan untuk datang pada awal bulan November, karena pada masa itulah kabupaten ini mengadakan pesta ulang tahun berdirinya. Berbagai persembahan kesenian ditampilkan, mulai dari kesenian di berbagai lamin, hingga persembahan tarian massal yang biasanya dipusatkan di lapangan bola Sendawar.

Kami sarankan pula apabila anda berkunjung ke sana, untuk singgah di Lamin Mancong, Kecamatan Tanjung Isui yang terkenal dengan keindahannya dan keramahan para gadisnya yang cantik-cantik.


Untuk keperluan penginapan dan akomodasi lainnya, anda tidak erlu khawatir, bagi para pelancong dengan modal tipis, tersedia angkutan Bus antar kota yang melayani angkutan dari dan Ke Kubar setiap hari. Perjalanan ke sana memerlukan waktu sekitar 7 sampai 8 jam, dengan pemandangan alam kalimantan yang sangat indah. Untuk naik bus anda dapat langsung ke terminal Singai Kunjang Samarinda, atau diperhentian Bukit Biru Tenggarong.

Jadi selamat berwisata, nikmatilah eksotisme Kutai Barat, dengan sejuta kenangan indah anda. Namun hati-hati terhadap anak gadis setempat, karena salah-salah anda akan pulang dengan seorang gadis dayak sebagai istri anda.
Mereka bebas bergaul, namun apabila berlebihan atau telah jatuh hati, maka anda akan dikejar hingga menjadi suaminya. Tapi kabar baiknya mereka setia lho bila telah jadi isteri anda.

Tidak ada komentar: